Tujuan pendidikan tahap profesi adalah mempersiapkan peserta didik melalui penyesuaian professional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan secara komprehensif, sehingga memiliki kemampuan professional sebagai berikut :

Menerapkan konsep, teori, dan prinsip ilmu perilaku social, ilmu biomedik dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, komunitas dan mayarakat.

  1. Melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan dari masalah yang sederhana keperawatan, perencanaan tindakan keoerawatan, implementasi dan evaluasi baik bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabiltatif sesuai batas kewenangan, tanggung jawab, dan kemampiannya serta berlandaskan etika profesi keperawatan.
    • Mengkaji status kesehatan dan kebutuhan dasar individu, keluarga, komunitas dan masyarakat dalam aspek bio-psiko-sosio-spiritual serta potensi berbagai sumber yang tersedia
    • Merumuskan masalah keperawatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat
    • Merencanakan atau melaksanakan rangkaian tindakan keperawatan dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar yang belum terpenuhi dengan memanfaatkan sumber yang tersedia dan potensial secara optimal.
    • Mengevaluasi hasil tindakan keperawatan dan seluruh proses pada asuhan keperawatan serta merencanakan dan melaksanaan tindak lanjut yang di perlukan.
  2. Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan secara sistematis, dan memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawata.
  3. Mengelola pelayanan keperawatan tingkat dasar secara bertanggung jawab dengan menunjukan sikap kepemimpinan.