header-int

Lporan Evaluasi Diri

Jum'at, 09 Sep 2022, 04:57:57 WIB - 117 View
Share
Lporan Evaluasi Diri

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Griya Husada Sumbawa didirikan pada 19 Januari 2016 dan mendapat izin operasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Nomor: 04/KPT/I/2016. Institusi ini memiliki tiga program studi yaitu S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, dan D3 Kebidanan. Berdasarkan surat izin operasional tersebut, STIKES Griya Husada Sumbawa dinyatakan memenuhi persyaratan akreditasi minimal.  STIKES Griya Husada Sumbawa memiliki visi yaitu Menjadi sekolah tinggi kesehatan yang unggul di tingkat nasional berwawasan kesehatan komunitas tahun 2035. Berdasarkan visi tersebut diharapkan sivitas akademik dapat mengembangkan, menemukan, menguji teori yang ada sehingga banyak dihasilkan penemuan-penemuan yang relevan dibutuhkan oleh masyarakat. 

Seiring perjalanan sejarahnya, STIKES Griya Husada Sumbawa didirikan berdasarkan keinginan dan kebutuhan masyarakat akan pentingnya lulusan kesehatan di pedesaan. Dalam kurun empat tahun terakhir, banyak perkembangan yang dihasilkan. Misalnya dalam pengembangan pendidikan, prodi Keperawatan dilanjutkan dengan profesi sehingga tidak perlu jauh dalam mengambil profesi bagi lulusan keperawatan yang ada di Sumbawa. 

Penerimaan mahasiswa dilaksanakan setiap tahun dengan menggunakan sistem one day serviced dengan materi tes mengadopsi materi sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan dengan standar kelulusan yang relatif tinggi ditambah dengan ujian khusus sesuai kebutuhan fakultas dan program studi masing-masing. Dalam rangka membina dan mengembangkan penalaran, minat, bakat, seni, dan meningkatkan kompetensi mahasiswa, STIKES Griya Husada Sumbawa telah mendukung dan membina unit-unit kegiatan mahasiswa dengan menyediakan sarana prasarana yang ada. Mutu penyelenggaraan kegiatan akademik dan lulusan sangat tergantung pada mutu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, di mana tersedianya SDM yang berkualitas membutuhkan sistem rekrutmen, seleksi, dan pengelolaan yang baik. 

Untuk mendorong pengembangan suasana akademik berbasis kinerja, STIKES telah menetapkan kebijakan meritokrasi untuk memberi penghargaan dan sanksi kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Selain itu, untuk meningkatkan keunggulan akademik seperti seminar, lokakarya, dan lomba karya ilmiah. Penjaminan mutu dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Sistem penjaminan mutu dirancang dan diaplikasikan guna menjamin mutu lulusan. 

Prasarana dan sarana dikelola dan dipergunakan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kebijakan, aturan, dan panduan pengelolaan sarana dan prasarana digunakan sebagai acuan pelaksanaan perencanaan, pendataan, pemeliharaan bersama fasilitas pendukung yang dimiliki STIKES Griya Husada Sumbawa. Dalam rangka meningkatkan kualitas sivitas akademik, STIKES Griya Husada Sumbawa berusaha untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Unidha STIKES Griya Husada Sumbawa :
“STIKES Griya Husada Sumbawa sebagai salah satu perguruang tinggi kesehatan memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan pendidikan dan sumber daya manusia khususnya dibidang kesehatan.
© 2024 STIKES Griya Husada Sumbawa Follow STIKES Griya Husada Sumbawa : Facebook Twitter Linked Youtube